Home » , » Blogilicious Milad Jakarta

Blogilicious Milad Jakarta

Written By Sebastian Marquez Cortes on 14 November 2011 | 2:16 PM


Akhir-akhir ini hidup saya penuh dengan nuansa ulang tahun. Setidaknya ada tiga perayaan ulang tahun yang begitu istimewa bagi saya, salah satunya adalah ulang tahun ke-484 Kota Jakarta pada 22 Juni 2011.
Komunitas Blogger Depok deBlogger juga merayakan ulang tahun ke-2-nya. Sebenarnya ulang tahun komunitas deBlogger jatuh pada tanggal 31 Mei 2011 namun dirayakan dalam acara Blogilicious Milad Jakarta pada tanggal 26 Juni 2011. Satu lagi yang istimewa adalah lima hari setelah acara Blogilicious Jakarta giliran saya yang merayakan hari ulang tahun. Sebagai orang yang baru setahun berkarya di Kota Jakarta dan sebagai blogger newbie, saya merasa beruntung bisa menghadiri event Blogilicious Milad Jakarta.
Hari Sabtu pagi, 25 Juni 2011, saya datang ke acara Blogilicious Milad Jakarta. Meskipun akhir pekan, jalanan di Jakarta masih saja sedikit tersendat. Sembari berharap sesegera mungkin sampai di Gedung Telkom Jakarta Selatan, saya mulai menyimaktimeline teman-teman blogger yang sudah hadir. Lewat tweet Mas @amriltg, saya tahu acara Blogilicious Milad Jakarta sudah dimulai dengan penampilan empat penari khas Betawi. Selanjutnya ketika Mas Iman Sulaiman sebagai Ketua Panitia Lokal Blogilicious Jakarta menyampaikan sepatah dua patah kata sambutan, saya masih berada di tengah keramaian Jalan MT Haryono Jakarta. Sambutan Mas Kukuh TW juga tidak bisa saya saksikan secara langsung.
Blogilicious Milad Jakarta
Sesampai di Gedung Telkom Jakarta Selatan, saya langsung menuju Aula Patriot 135 yang terletak di lantai 8. Saya bertemu dengan @isnuansa dan Mas @radityo_da di lift. Setelah melakukan registrasi, kami mencicipi sarapan yang disediakan panitia Blogilicious Milad Jakarta. Saya juga nyeruput teh hangat sambil ngobrol ringan dengan @isnuansa dan Mas @radityo_da. Sayangnya, kata Mas @radityo_da, Mbak Mubarika Darmayanti tidak bisa datang hari itu karena sedang kurang enak badan. Sayup-sayup terdengar suara Mbak Risa Amrikasari sedang menyampaikan materi, kami pun bergegas menyelesaikan sarapan kami. Sayangnya ketika saya masuk, Mbak @RisaHart sudah hendak membagikan door-prize, tandanya sesi Etika Blogging sudah hampir selesai. Tampak juga Eyang Anjari Umarjianto, sang moderator, sudah mengambil kendali acara. Untungnya, ketika registrasi panitia Blogilicious Milad Jakarta memberikan salinan materi Mbak “Rose Heart” ini.
Sebenarnya saya sangat tertarik dengan Mbak @RisaHart karena setidaknya ada dua kesamaan antara saya dengan pemiilik blog Perempuan Indonesia ini. Kami sama-sama seorang blogger dan kami sama-sama bekerja di bidang Hak Kekayaan Intelektual. Bedanya, Mbak @RisaHart seorang konsultan HKI dan saya seorang karyawan di salah satu kantor konsultan HKI. Pertama kali saya mendengar nama Mbak @RisaHart dari Opa @indobrad beberapa bulan lalu. Akhirnya saya bertemu Mbak @RisaHart di acara Blogilicious Milad Jakarta ini. Saya sebenarnya ingin mendiskusikan mengenai pelanggaran hak cipta dalam dunia blogging. Masih banyaknya penjahat copy-pasteyang menyerang tulisan-tulisan saya kadang membuat saya kesal sendiri. Namun sepertinya dalam acara itu, Mbak @RisaHart begitu sibuk, begitu juga di timelineTwitter-nya.
Blogilicious Milad Jakarta
Dengan sedikit jeda, acara Blogilicous Milad Jakarta pun dilanjutkan dengan materi Tips Blogging yang disampaikan oleh blogger yang sangat rendah hati, Mas Amril Taufiq Gobel. Saya baru dua kali berjumpa dengan pemilik blog Daeng Battala ini, yaitu ketika sesaat sebelum Mas @amriltg berangkat jalan-jalan ke Hong Kong Disneyland dan ketika acara deklarasi ASEAN Blogger. Namun kesan yang saya dapatkan adalah kerendahan hatinya kepada sesama blogger meskipun Mas @amriltg sudah ngeblog sejak tahun 2003. Kesan itu pula yang saya dapatkan ketika Mas @amriltg menyampaikan materi Tips Blogging. Tidak ada kesan menggurui saya dapatkan di sini, Mas @amriltg lebih terasa nuansa berbaginya. Tanpa jauh-jauh mencari referensi, Mas @amriltg hanya menceritakan kisahnya sendiri yang telah delapan tahun malang melintang di dunia blogging.
Dengan kesederhanaannya, Mas @amriltg telah mencatatkan prestasi gemilang bersama blognya. Penghargaan terbesar yang diraih Mas @amriltg adalah pemenang kompetisi blog internasional The BOBs tahun 2010 untuk kategori blog berbahasa Indonesia. Beberapa waktu lalu, Mas @amriltg juga terpilih menjadi salah satu dari delapan blogger IdBlogNetwork yang diundang ke Hong Kong Disneyland. Blogger yang juga seorang kontributor konten Yahoo OMG ini membagikan tips-tipsnya dalam ngeblog, salah satunya adalah “rakus-rakuslah membaca”. Dengan semakin banyak membaca, ide-ide tulisan akan semakin mudah didapatkan. Selain itu, membaca bisa membuat kita melihat suatu hal dari beberapa sisi.
Para peserta Blogilicious Milad Jakarta semakin terkagum-kagum karena selain menulis di blog, beberapa hasil karya Mas @amriltg juga sudah ada yang dijadikan skriptsinetron. Mas @amriltg juga membagikan dua bukunya, Kumpulan Narasi Romantis (Narsis) dan Menyesap Senyap, kepada dua peserta Blogilicious Milad Jakarta yang bisa menjawab pertanyaan Mas @amriltg. Dengan begitu banyak prestasi Mas @amriltg, saya semakin termotivasi untuk semakin produktif dalam menciptakan tulisan-tulisan yang berkualitas. Selesai materi Mas @amriltg yang begitu menginspirasi, seharusnya saya mengikuti materi ASEAN Blogger. Namun takdir berkata lain, karena saya dan Mas @sandhiasmoro harus mengikuti agenda yang lain. Dengan berat hati, saya harus melewatkan beberapa materi Blogilicious Milad Jakarta berikutnya.
Namun untungnya saya tak kehilangan akal, tak ada akar rotan pun jadi. Tak bisa mengikuti secara langsung, menyimak timeline Twitter pun jadi. Sesekali sambil mengikuti agenda yang lain itu, saya sempatkan melihat live-tweet teman-teman blogger yang sedang menerima materi ASEAN Blogger yang disampaikan Bapak Hazairin Pohan. Bapak Hazairin Pohan pertama kali saya jumpai dalam acara pembentukan komunitas ASEAN Blogger pada 10 Mei 2011 lalu. Pak @hazpohan ini adalah seorang mantan duta besar Indonesia untuk Polandia dan sekarang menjadi seorang pejabat di Kementerian Luar Negeri RI. Meski seorang pejabat, namun Pak @hazpohan ternyata juga seorang blogger. Karena Indonesia sedang menjabat ketua ASEAN, wajar saja bila Kemenlu RI mempercayakan Pak @hazpohan sebagai salah satu penggagas ASEAN Blogger Community. Selain menjadi tempat berkumpulnya blogger-blogger lintas negara, komunitas blogger se-Asia Tenggara ini juga diharapkan menjadi salah satu media untuk penyampaian program-program ASEAN.
Namun saya benar-benar merasa rugi karena melewatkan materi Social Media yang disampaikan oleh Pak Nukman Lutfhie. Meskipun sudah belajar otodidak tentang bagaimana memaksimalkan peran jejaring sosial dalam dunia blogging, rasanya belum mantap bila belum berguru pada ahlinya secara langsung. Pada acara Blogilicious Milad Jakarta itu, Pak @nukman juga membagikan data-data penting tentang jejaring sosial. Berdasarkan data itu, Facebook ternyata menyumbangkan klik link yang cukup besar, namun di lain sisi Twitter menjanjikan Average Time on Site yang lebih lama. Karena penasaran, akhirnya saya membuktikan sendiri dengan data Google Analytics blog saya. Facebook memang menyumbangkan jumlah kunjungan tiga kali lipat dari Twitter, namun Twitter terbukti membuat para pembaca menjadi lebih betah. Average Time on Site dari Twitter mencapai 6,06 menit per klik dan Facebook hanya mencapai 2,02 menit per klik.
Blogilicious Milad Jakarta
Materi yang tak kalah menarik juga disampaikan oleh Mas Kuncoro Wastuwibowo. Materi Mobile Blogging yang dibawakan pemilik blog unik Kun.co.ro ini semakin membuat saya ingin segera kembali ke Aula Telkom Jakarta Selatan. Mas @kuncoro yang pernah saya jumpai bersama dengan sang istri, Mbak @enggard, di acara deklarasi ASEAN Blogger ini memang ahlinya mobile blogging, sesuai dengan profesinya di PT. Telkom Indonesia. Saya sendiri menganggap perangkat mobile cukup penting untuk ngeblog. Contoh ringannya adalah ketika saya sedang di atas busway, blogwalking dengan ponsel menjadi salah satu cara untuk mengalihkan perhatian dari macetnya Kota Jakarta. Ponsel juga berguna untuk mengambil gambar foto yang bisa menjadi bahan tulisan di blog. Saya juga beberapa kali pernah mencoba posting melalui ponsel saya, mulai dari karena tidak membawa netbook sampai karena sedang berada di tempat terpelosok yang susah sinyal. Meskipun memiliki sedikit keterbatasan, ponsel sangat membantu saya yang mengikuti program Post A Day 2011 ini.
Masih sambil menyimak live-tweet teman-teman blogger di acara Blogilicious Milad Jakarta dan melihat jam sudah menunjukkan pukul 4 sore, saya sedang dalam perjalanan kembali ke Gedung Telkom Jakarta Selatan. Setelah menikmati macet di jalan tol Ancol, saya akhirnya sampai kembali di Aula Patriot 135 Gedung Telkom Jakarta Selatan. Mas Masim Sugianto alias Mas Vavai sedang berada di panggung utama Blogilicious Milad Jakarta, ketika saya masuk ruangan lagi. Mas @vavai yang menyampaikan materi Blogpreneur tampil bersama dengan dengan Mas Julian Gaffar dari Berniaga.Com. Mas @vavai yang juga seorang praktisi Open Source ini berbagi tips bagaimana me-monetize blog sehingga bisa mendatangkan penghasilan bagi pemiliknya. Sedangkan Mas Julian Gaffar sebagai manajer Berniaga.Com menyampaikan profil situs Berniaga.Com. Selain menjadi sponsor rangkaian acara Blogilicious di tujuh kota, Berniaga.Com juga bekerja sama denga IdBlogNetwork dengan iklan CPA (Cost Per Action). Iklan CPA ini bernilai bila ada barang yang di-upload dan di-approve oleh Berniaga.Com, beda dengan iklan CPC (Cost Per Click).
Dengan ditutupnya materi Blogpreneur ini, hari pertama pelaksanaan acara Blogilicious Milad Jakarta telah usai. Meskipun harus mengikuti beberapa materi hanya melaluilive-tweet, saya sudah mendapatkan pelajaran-pelajaran penting dalam ngeblog. Tidak hanya bagaimana cara membuat postingan-postingan berkualitas, namun juga bagaimana memaksimalkan blog melalui jejaring sosial dan mobile device. Selain itu dalam ngeblog juga harus memperhatikan etika-etika ngeblog, yang meskipun tidak tertulis semua blogger pasti tahu bagaimana berperilaku baik di dunia blogging. Selain menjadi sebuah bentuk aktualisasi diri, blog ternyata bisa juga menjadi sumber penghasilan, namun tetap dengan cara-cara yang benar. Tak hanya itu, seperti yang disampaikan Pak @hazpohan, dengan ngeblog kita bisa menciptakan ASEAN yang lebih damai.
Blogilicious Milad Jakarta
Keesokan harinya, hari Minggu 26 Juni 2011, saya kembali ke Gedung Telkom Jakarta Selatan untuk mengikuti acara Blogilicious Milad Jakarta hari kedua. Sama seperti kemarin saya terlambat beberapa menit, namun saya tidak ketinggalan materi SEO (Search Engine Optimation). Materi yang dianggap sangat penting bagi kebanyakan blogger ini disampaikan oleh Mbak Raden Ajeng Nunuk Purwaningsih. Master SEO yang enggan dipanggil “master” ini menjabarkan tips dan trik bagaimana postingan kita bisa tampil di halaman pertama Google dengan kata kunci yang ditargetkan blogger. Mbak @ajengkol mencontohkan bagaimana blogger “menembak” kata kunci, melakukan optimasi dengan plugin-plugin penunjang SEO, dan memperbanyak backlink. Dengan tips dan trik-nya itu, tulisan-tulisan Mbak @ajengkol kerap menembus halaman pertama Google dan bahkan sering berada di posisi tiga besar. Namun menurut pemilik blog Muslimah ini, setelah datangnya Google Panda, blogger harus tetap mengutamakan kualitas konten.
Blogilicious Milad Jakarta
Setelah Mbak @ajengkol selesai memberikan pencerahan tentang ilmu SEO, sekarang giliran Mas Frenavit Putra yang menjadi pembicara. Pembicara yang didatangkan jauh-jauh dari Kota Pahlawan ini menyampaikan materi yang “berat” namun sangat penting bagi para blogger, yaitu tentang Security Internet. Mas @frenavit yang biasa dipanggil Mas Bodrex ini menjadikan saya lebih waspada terhadap username dan password blog saya. Hacker, cracker, atau orang-orang iseng bisa saja mengetahui username dan password kita dengan berbagai cara. Meski kadang luput dari perhatian para blogger, buktinya akhir-akhir ini beberapa blog teman saya di-hack orang-orang iseng itu. Bahkan, situs IdBlogNetwork sendiri beberapa kali “diganggu” oleh orang-orang iseng itu. Aksi orang-orang tidak bertanggung jawab ini berakibat fatal bagi para blogger. Misalnya, blogger mendapatkan job review dan harus di-publish dalam waktu yang telah ditentukan. Bila blog kita masih di-hack, sementara sudah melewati deadline dari IdBlogNetwork, tentu akan menjadi masalah besar. Mas @frenavit kemudian memberikan tips-tips keamanan yang berlapis sehingga blog kita aman dari ancaman orang-orang yang tidak diinginkan itu.
Setelah dibuat berkerut-kerut dengan materi “terberat” dari Mas @frenavit itu, teman-teman blogger akhirnya bisa tersenyum melihat Mbak Mubarika Darmayanti di panggung utama Blogilicious Milad Jakarta. Mbak @MubaRika_D yang sehari sebelumnya berhalangan datang, akhirnya tampil di hadapan kami semua. Anehnya, ketika Mbak @MubaRika_D menyampaikan materi Blog Monetizing bersama Mas @kukuhtw, teman-teman blogger mendengarkan dengan khidmat. Mbak @MubaRika_D menjelaskan tentang perkembangan IdBlogNetwork yang telah merangkul ribuan blogger. Selain memberikan tips-tips bagaimana membuat blog yang disukai banyak orang, Mbak @MubaRika_D juga memberikan tips kepada calon anggota IBN agar blognya segera di-approve oleh IdBlogNetwork. Kalau konten blog-nya bagus dan orisinil pasti akan di-approve, begitu penjelasan ringkas Mbak @MubaRika_D mengenai syarat masuk IdBlogNetwork.
Blogilicious Milad Jakarta
Dengan blog-blog yang berkualitas, Mbak @MubaRika_D menjelaskan, ke depannya diharapkan kerja sama antara blogger, IdBlogNetwork, dan advertiser berjalan semakin baik. Advetiser membutuhkan blogger untuk mempublikasikan brand-nya dan blogger juga akan mendapatkan penghasilan dari tulisan-tulisan berkualitasnya, sedangkan IdBlogNetwork menjadi penghubung antara keduanya. Bila hubungan antara ketiganya berjalan dengan baik tentunya sangat menguntungkan para blogger yang bisa menuai penghasilan dari blognya. Dalam kesempatan itu, Mbak @MubaRika_D juga membagikan empat hadiah job review. Yang saya kagumi adalah bagaimana Mbak @MubaRika_D memberikan kesempatan kepada calon anggota IBN untuk memperebutkan hadiah job review ini. Setelah melakukan beberapa sesi pertanyaan, akhirnya Mbak @MubaRika_D dan Mas @kukuhtw memilih empat blogger yang beruntung. Selamat kepada Mas @arul__ dan @bangaswi yang memenangkan hadiah job review dan dua calon anggota IBN yang beruntung.
Blogilicious Milad Jakarta
Setelah materi Mbak @MubaRika_D yang membuat saya bisa menatap masa depan yang lebih cerah (#halah!), seluruh peserta istirahat, shalat, dan makan. Walaupun kelihatannya banyak yang makan siang dulu, termasuk saya yang di hari pertama tidak makan siang. Sembari menikmati makan siang, peserta Blogilicious Milad Jakarta dihibur dengan penampilan Band Blogger yang digawangi oleh Mas #bientang. Saya curiga salah satu lagu yang dinyanyikan Mas #bientang dipersembahkan untuk Mbak @ajengkol, karena Mbak @ajengkol tersipu-sipu ngguyu. Panitia Blogilicious Milad Jakarta juga mengumumkan Mbak Suzannita sebagai pemenang lomba mini SEO Blogilicious Kito Palembang. Setelah masuk kembali ke Aula Patriot 135, seluruh peserta Blogilicious Milad Jakarta foto bersama. Mas @priyadi dan beberapa fotografer lainnya mengabadikan foto bersama yang menandakan usainya rangkaian acara Blogilicious Milad Jakarta itu.
Blogilicious Milad Jakarta
Tidak hanya sampai di situ, suasana di Aula Patriot 135 semakin meriah karena perayaan ulang tahun ke-2 Komunitas Blogger Depok akan segera dimulai. Acara ini dimulai dengan kata sambutan dari Mas Aris Sunawar sebagai ketua komunitas deBlogger dan dilanjutkan dengan Mas @kukuhtw yang menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada Komunitas deBlogger. Setelah itu, Ciput Band tampil membawa beberapa lagu, yang masih saya ingat adalah lagunya Geisha yang berjudul Kamu yang Pertama. Penampilan band yang ngeblog di bandciput.blogspot.com ini begitu menarik karena sang vokalis, Mbak Cici, begitu atraktif membawa para penonton untuk ikut bernyanyi. Setelah beberapa lagu, Mbak Cici pun undur diri, dan sekarang waktunya para blogger yang menguasai panggung dalam kompetisi Blogger Idol.
Blogilicious Milad Jakarta
Beberapa komunitas blogger mengirim perwakilannya untuk menjadi seorang Blogger Idol. Tidak hanya dari komunitas blogger di Jabodetabek, komunitas dari luar kota seperti Komunitas Blogger Bloggor dari Kota Bogor pun mengirimkan perwakilannya. Bahkan ada yang dari luar Pulau Jawa, yaitu Komunitas Anging Mammiri dari Kota Makassar. Nah, Mbak Intan Baidoeri yang mewakili Komunitas Anging Mammiri ini idola saya karena olah vokalnya yang mumpuni. Pembuka kompetisi Blogger Idol adalah Mas @amriltg yang membawakan lagu Frank Sinatra yang berjudul My Way. Mas @amriltg berhasil membuat penonton bersorak dan bertepuk tangan dengan suka rela. Selanjutnya yang tampil adalah idola saya, Mbak @ntans, yang membawakan lagu Demi Waktu dari band Ungu dengan irama Bossanova. Penampilan Blogger Idol kemudian dilanjutkan oleh perwakilan Komunitas Blogger Bekasi, Komunitas Bloggor, dan Komunitas BlogDetik. Saya dan Eyang @anjarium sukses menimbulkan keriuhan di barisan penonton karena kerap bertepuk tangan setiap kali ada penampilan Blogger Idol.
Blogilicious Milad Jakarta
Penampilan para Blogger Idol juga diselingi dengan pengumuman pemenang lomba-lomba unik yang diadakan selama pelaksanaan Blogilicious Milad Jakarta. Lomba-lomba itu antara lain lomba pakaian terheboh, lomba tas terberat, lomba tweet terunik, dan lomba twitpic terunik. Panitia Milad deBlogger juga mengadakan beberapa gamemenarik seperti game dompet tertebal, game kunci terbanyak, dan satu lagi yang paling seru adalah game nge-gombal. Setelah itu, panitia Milad deBlogger mengumumkan pemenang kompetisi Blogger Idol. Dan Komunitas Bloggor pantas berbangga karena perwakilannya, Mbak Echa “Imut Tenan”, meraih gelar Blogger Idol. Selanjutnya kemeriahan perayaan ulang tahun ke-2 Komunitas deBlogger menginjak acara puncak, yaitu acara tiup lilin. Selain itu semua peserta juga mendapatkan masing-masing satucupcake yang tampilannya cantik dan rasanya maknyus itu. Selamat Ulang Tahun ke-2 deBlogger!
Blogilicious Milad Jakarta
Sekarang sepuluh hari setelah penyelenggaraan Blogilicious Milad Jakarta, semua pelajaran dan keceriaan Blogilicious Milad Jakarta masih tersimpan dengan indah. Pelajaran-pelajaran dari etika ngeblog sampai bagaimana menjadikan blog sebagai sumber penghasilan dengan cara yang baik dan benar perlahan-lahan saya terapkan di blog saya ini. Selain mendapatkan pelajaran-pelajaran berharga, saya juga merasa beruntung bisa berjumpa dengan blogger-blogger yang luar biasa. Tidak hanya blogger senior atau seleblog, saya juga bertemu dengan teman-teman blogger yang baru atau sedang belajar ngeblog dengan baik. Semoga dengan diselenggarakannya acara Blogilicious Milad Jakarta, kita bisa menjadi blogger yang pembelajar. Karena momentum ulang tahun saya kemarin menunjukkan kepada saya bahwa semakin banyak kita belajar, maka semakin kita tahu bahwa banyak hal lain yang belum kita ketahui…

semoga bermanfaat .....
Share this article :

0 kritik & saran:

Post a Comment

 

Tags


Powered by WidgetsForFree

About Me

My Photo
Sebastian Marquez Cortes
View my complete profile

© 2010 Kumpulan Informasi All Rights Reserved SIA YPPT GARUT Converted into Blogger Template by portalgadjet.com